Tutorial Map Info - Membuka Tabel

Pada kesempatan kali ini, saya akan menampilkan artikel tutorial Map Info bagaimana caranya membuka tabel. Data tersimpan dalam tabel. Untuk selanjutnya kata tabel akan digunakan secara bergantian dengan peta dan layer yang mengacu pada satu arti, yaitu data Map Info Pro.

Untuk menampilkan data berarti kita membuka tabel. Klik menu File - Open atau klik toolbar pada kelompok toolbar standard, atau shortcut key Ctrl O untuk membuka tabel. Kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 4.2. Kotak dialog Open.

Bila anda telah menagtur letak data 'Table', maka Map Info Pro akan menampilkan semua file tabel yang ada pada Table Directory.

a. Jika file tabel tidak tersimpan pada Table Directory, anda dapat mencari file tabel tersebut dengan meng-klik daftar folder pada Look in.

b. Anda dapat mengetik nama file tabel yang akan dibuka pada kotak File name atau memilih dari daftar file tabel yang telah tampil.

c. Pada saat anda memilih menu Open dari menu File, daftar file yang muncul adalah file tabel (*.tab). Bila data yang dibuka berasal dari sumber lain, misalnya Microsoft Excel, Lotus 123, dBase dll, maka pilihlah tipe file yang sesuai pada daftar pilihan File of type, contohnya '*.xls' untuk file Microsoft Excel, '*.dbf' untuk file dBase, dll. Jenis-jenis data yang dapat anda buka seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 4.3. Pilihan tipe data yang dapat dibuka di Map Info Pro.

d. Preferred View menentukan metode dan macam data yang akan ditampilkan. Anda dapat menampilkan data grafis, tabular, atau data tidak ditampilkan sama sekali hanya diaktifkan saja di memori. Gambar di bawah ini menampilkan 5 macam pilihan Preferred View.

Gambar 4.4. Pilihan Preferred view.

1. Automatic, Map Info Pro akan memilih model view yang paling tepat.

- Bila data yang dibuka mappable artinya data grafis terkoneksi dengan data tabular, maka data grafis (peta) akan ditampilkan pada window peta. Seandainya sebelumnya telah ada window peta yang terbuka, Map Info Pro akan menampilkan data tersebut pada window peta yang telah ada.

- Bila data tidak mappable (hanya terdiri dari data tabular, tanpa data grafis), Map Info Pro akan menampilkan data tabular pada window browser. Data model ini banyak ditemukan pada data yang bersumber dari database atau spreadsheet lain, seperti excel, lotus, dbase, dll.

- Jika data tidak dapat ditampilkan pada window peta dan browser, maka Map Info Pro tidak akan menampilkan data di layar (No View).

2. Browser, Data akan ditampilkan pada window browser.

3. Current Mapper, Data akan ditampilkan pada window peta yang telah aktif.

4. New Mapper, Map Info Pro akan membuka window peta yang baru dan data akan ditampilkan disana.

5. No View, Data tidak ditampilkan sama sekali.

Disarankan untuk menggunakan Preferred View automatic. Apabila tampilan tabel tidak sesuai dengan yang diinginkan, kita dengan leluasa dapat memperbaharuinya setelah tabel dibuka.

Di bawah disajikan tampilan tabel 'bali.tab' pada window peta.

                            a                                                         b

Gambar 4.5. (a) tampilan peta dan (b) pilihan View Entire Layer.

Bila tidak semua bagian peta ditampilakan di layar, maka pilih menu Map - View Entire Layer atau klik mouse kanan pada gambar peta untuk menampilkan shorcut menu seperti pada gambar di atas. Bila kotak dialog View Entire Layer muncul, pilih All Layers, tampilan peta akan nampak seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 4.6. Tampilan Peta pada pilihan All Layer.

 

(sumber : http://www.rsandgis.com/index.php?id=138)

 

Get in touch with us

Hubungi kami untuk pertanyaan, pemesanan, atau permintaan trial aplikasi.

contact us