Tutorial Map Info - Mengubah Model Tampilan Layer

Untuk mengubah model tampilan layer seperti warna, patern, model garis atau macam simbul pada Map Info, ikuti urutan kerja berikut.

1.    Dari daftar layer yang ada pada kotak dialog layer control, pilih layer yang akan diubah model tampilannya, kemudian klik Display di bagian kanan kotak dialog tersebut. Kotak dialog berikut akan muncul. Pada contoh kita ini kita akan mengubah tampilan warna dari pulau Bali (data area).

Gambar 5.12. Kotak dialog Display Options.

2.    Aktifkan kotak cek Style Override dan klik poligon yang ada di bawahnya. Kotak dialog region style akan muncul seperti berikut.

            a                              b                     c

Gambar 5.13.     Kotak dialog Region Style, a. kotak dialog, b. pilihan pattern dan c. pilihan warna.

3.    Klik pada kotak pilihan Patern untuk memilih bentuk arsiran yang diinginkan, tentukan juga warna latar depan (foreground) dan latar belakang (backround). Anda juga dapat menentukan bentuk, warna, dan tebal border pada pilihan Style, Color, dan Width. Macam-macam garis, warna, dan ketebalan yang disediakan oleh Map Info Pro dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

            a                           b              c

Gambar 5.14. Pilihan border, a. jenis garis, b. warna garis, dan c. tebal garis.

4.    Bila pengaturan telah selesai, pilih OK tiga kali untuk melihat hasilnya. Contoh hasilnya adalah pada gambar berikut.

Gambar 5.15. Contoh tampilan peta dengan pattern.

       Bila jenis layer yang akan diubah bentuk tampilannya berbeda (misalnya garis, titik, atau teks) maka daftar pilihan patern, bentuk garis atau bentuk simbul yang tersedia juga berbeda. Berikut ini berturut turut disajikan model Style Override pada tipe data garis dan titik.

            a                        b                      c

Gambar 5.16. Kotak dialog Line style, a. kotak dialog, b. jenis garis, c. tebal garis.

               a                            b                  c

Gambar 5.17. Kotak dialog Symbul style, a. kotak dialog, b. font simbul, c. macam simbul.

       Untuk layer titik, tersedia banyak sekali simbul-simbul. Satu jenis font menyediakan satu kelompok simbul. Pada beberapa font anda juga dapat mengatur rotasi simbul, backround, dan efek simbul.

Warna, patern, garis, atau simbul yang diatur pada model setting pengaturan di atas berlaku untuk semua bagian peta. Misalnya kita mengubah patern dan warna untuk peta propinsi, maka pada kabupaten yang berbeda warnanya tetap sama. Bila anda bertanya dalam hati, bagaimana cara menampilkan warna berbeda pada kabupaten yang berbeda, berarti anda cepat memahai apa yang telah kita bahas. Memang disini kita tidak dapat melakukan hal itu, melainkan pada bab berikutnya, yaitu bab Pemetaan Tematik.

 

(sumber : http://www.rsandgis.com/index.php?id=155)

 

Get in touch with us

Hubungi kami untuk pertanyaan, pemesanan, atau permintaan trial aplikasi.

contact us