Tutorial Map Info - Mengatur zooming layer

 

 

Tutorial Map Info kali ini adalah cara Mengatur Zooming Layer. Zooming layer adalah istilah yang digunakan untuk mengubah ukuran atau skala layer, baik itu memperbesar ataupun memperkecil. Kadangkala kita hanya menginginkan suatu layer baru ditampilkan pada kisaran zoom tertentu. Perhatikan gambar di bawah ini.

 

 

Gambar 5.18. Contoh tampilan objek wisata yang sangat rapat pada Map Info.

 

Gambar di atas adalah distribusi objek wisata penting di Bali. Pada zoom atau skala tersebut distribusi objek wisata kurang baik ditampilkan karena informasi yang ingin disampikan sulit dibaca. Mungkin pada skala yang lebih besar objek tersebut baru layak ditampilkan.

 

Untuk mengatur pada zoom berapa saja suatu layer akan ditampilkan pada peta, ikutilah langkah-langkah berikut.

 

1.    Dari daftar layer yang ada pada kotak dialog layer control, pilih layer yang akan diubah kisaran zoomnya, kemudian klik Display, kotak dialog Display Options akan tampil seperti gambar berikut.

 

 

Gambar 5.19. Kotak dialog Display Option untuk data titik/simbul pada Map Info.

 

2.    Aktifkan kotak cek Dispay within Zoom Range.

 

3.    Isikan kisaran nilai zoom pada kotak isian Min Zoom dan Max Zoom. Satuanya adalah mi (mil). Bila anda ingin satuannya berbeda (tidak mil), anda dapat mengubahnya melalui menu Map - Options pada bagian Map Units.

 

Jangan keliru bahwa semakin besar nilai zoom, tampilan peta akan semakin kecil. Sama halnya dengan skala. Semakin besar penyebut skala semakin kecil tampilan peta. Misalnya Min Zoom kita isi dengan nilai 0 dan Max Zoom dengan nilai 100. Ini berarti bahwa distribusi objek wisata baru akan muncul pada zoom lebih kecil dari 100 mi. Bila zoom diperbesar (tampilan peta semakin kecil) lebih dari 100 mi, objek tersebut akan tidak nampak. Sebaliknya bila zoom diperkecil (tampilan peta makin besar) sekecil-kecilnya objek akan tetap nampak.

 

4.    Klik OK dua kali untuk melihat hasilnya. Gunakan toolbar Zoom-in () dan Zoom-out () untuk melihat efek yang muncul dari pengaturan di atas. Bila layer tidak tampil di layar karena efek pengaturan zoom, maka tanda rumput pada kotak cek visible pada kotak dialog layer control akan berwarna magenta.

 

Disamping dengan Zoom-in dan Zoom-out, zoom dan skala peta juga dapat diatur melalui menu Map - Change View atau toolbar ()seperti pada kotak dialog berikut.

 

 

Gambar 5.20. Kotak dialog Change View pada Map Info.

 

Tampilan zoom dan skala pada peta yang sedang aktif dapat dilihat pada baris status bagian kiri. Klik pada baris status tersebut untuk menampilkan daftar pilihan tampilan, apakah zoom, skala peta, atau lokasi/koordinat cursor. Perhatikan gambar di bawah ini.

 

 

Gambar 5.21. Pengaturan tampilan zoom, skala peta, dan lokasi kursor melalui baris status pada Map Info.

 

Tampilan ini akan muncul bila yang sedang aktif adalah window peta.

 

(sumber : http://www.rsandgis.com/index.php?id=156)

 

Get in touch with us

Hubungi kami untuk pertanyaan, pemesanan, atau permintaan trial aplikasi.

contact us